Moms, Apa Itu Asuransi Unit Link ?


Moms, apakah pernah ditawari asuransi unit link? Tahukah Moms apa itu unit link?
Pada dasarnya unitlink adalah produk yang dapat memberikan banyak manfaat untuk Moms sebagai nasabah, asalkan sesuai dengan kebutuhan. Asuransi unit link menurut Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) adalah:

Instrument investasi yang merupakan kombinasi asuransi jiwa dengan unsur investasi.

Walaupun didalam definisi unit link terdapat unsur investasi tetap unit link sendiri merupakan produk investasi Moms, terkadang  tenaga penjual unitlink, terkesan memaksakan produk unitlink untuk semua kebutuhan keuangan Moms. Mulai dari proteksi, biaya pendidikan rumah, biaya perjalanan ibadah, biaya pensiun dan lain sebagainya. Padahal produk unitlink bukan satu produk hebat yang bisa menjadi solusi dari semua tujuan keuangan Moms.
Karena terlalu dipaksakan produk unit link dinilai tidak terlalu memberikan manfat. Oleh karena itu Moms berikut ini ada beberapa hal yang mungkin bisa jadi panduan Moms untuk mengikuti asuransi unit link sesuai dengan kebutuhan Moms.

#1. Perlindungan Kesehatan Untuk Moms dan Keluarga

Moms, asuransi kesehatan merupakan hal yang penting  dan sebisa mungkin dimiliki oleh setap anggota keluarga. Seperti yang Moms ketahui biaya pengobatan yang cukup mahal terutama jika diharuskan untuk rawat inap atau sakit yang mengharuskan untuk terus berobat. Jadi pertimbangakan untuk memilki asuransi kesehatan.

#2. Perlindungan Jiwa Untuk Tulang Punggung

Moms, asuransi jiwa juga dibutuhkan terutama bagi tulang punggung keluarga. Dan yang Moms harus tahu adalah asuransi jiwa dan asuransi kesehatan itu berbeda. Asuransi jiwa lebih kepada membiayai pengeluaran karena tertanggung meninggal atau cacat, sehingga tidak mampu untuk mencari atau menghasilkan pemasukan.

#3. Manfaat-Manfaat Tambahan

JIka Moms membeli asransi unit link, Moms juga bisa memilih dan membeli asuransi tambahan (rider­). Nah sebaiknya Moms harus teliti dalam memilih apa saja asuransi tambahan yang keluarga butuhkan. Jangan samapai Moms membeli semua asuransi tambahan, pilih yang sesuai dengan kebutuhan keluarga Moms. Perlu Moms ingat bahwa jika menambah asuransi tambahan berarti menambah pula biaya asuransi Moms.

#4. Untuk Apa Investasinya?

Mungkin informasi berikut ini adalah akan menjelaskan fungsi utama investasi dalam produk unitlink. Unitlink, dipasarkan di Indonesia, karena dahulu banyak masyarakat Indonesia yang protes dan mengatakan, bayar premi asuransi jiwa itu rugi. Kenapa rugi? Dikatakan seolah-olah rugi karena jika nasabah sehat dan berumur panjang, maka perusahaan asuransi jiwa tidak akan bayar klaim.

Lalu, kalau bukan nasabah yang bayar premi tahunan, jadi siapa yang akan bayar premi asuransinya? Akhirnya para ahli asuransi berdiskusi dengan ahli investasi mengeluarkan konsep, gabungan proteksi sekaligus investasi. Jadi uang investasi tersebut dapat digunakan untuk membayarkan biaya-biaya asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Hal ini mengakibatkan seolah-olah masyarakat tidak perlu lagi membayar biaya asuransi. Jika perhatikan skema cara kerja asuransi unit link, Moms akan mengetahui aliran uang untuk proteksi dan uang untuk investasi.


Semoga bermanfaat Moms artikel diatas, jangan sungkan untuk bertanya taupun berkomentar atau bahkan merequest artikel yang ingin dibcarakan :)


Sumber : 


Komentar