Mengapa Ibu Rumah Tangga Perlu Investasi Emas ?



Moms, pasti tau tentang emas dan logam mulia, emas mungkin salah satu barang yang berharga dan bernilai tinggi baik dikalangan kelas menengah ke bawah atau kelas menengah ke atas, emas menjadi barang yang mewah. Pastinya semua orang berpikir untuk mendapatkan emas entah untuk dikoleksi ataupun dipakai untuk investasi.



Tapi Tahukah Moms, emas merupakan salah satu pilihan investasi yang cukup aman untuk ibu rumah tangga, Yuk Moms kita lihat mengapa ibu rumah tangga perlu investasi emas..

1. Aman (Security)

Investasi emas memiliki tingkat privasi yang cukup tinggi, sehingga orang lain tidak mengetahui berapa banyak emas yang Moms miliki, selain itu yang harus Moms ketahui jenis emas yang dianjurkan untuk investasi adalah jenis emas logam mulia yang memiliki sertifikat, mengapa karena logam mulia yang memiliki sertifikat berarti sudah tergaransi memilki kadar 24 karat.  Salah satu perusahaan di Indonesia yang memproduksi logam mulia bersertifikasi adalah PT. Aneka Tambang Tbk (ANTAM). Investasi emas Moms aman, jika investasi di logam mulia memiliki sertifikat yang diakui oleh negara dan secara global.



2. Mudah Dicairkan (High Liquidity)

Emas memiliki likuiditas tinggi, jadi Moms dapat menjual emas untuk mendapatkan uang tunai dengan cepat. Berbeda dengan instrumen investasi lainnya, seperti obligasi atau properti dimana Moms membutuhkan pihak kedua untuk membeli investasi yang akan diual. Tempat pencairan emas pun dapat ditemui dimana-mana, sehingga Moms tidak perlu kerepotan mencarinya. Jadi Ketika tiba-tiba ada masalah dalam keuangan, Moms dapat dengan mudah mencairkan emas menjadi uang tunai untuk  menutupi kekurangan finansial Moms.


3. Tidak Memerlukan Dana yang Besar

Oh iya Moms emas yang dijual di pasaran sangat beragam dan dimulai dari berat yang cukup ringan yaitu 1 gram hingga 1.000 gram, jadi jika emas dijual dengan harga Rp 540 ribu – 600 ribu setiap gramnya, Moms dapat mulai menabung dan berinvestasi emas dengan uang Rp 540 ribu saja. Dana yang cukup rendah membuat investasi emas dapat dilakukan oleh berbagai macam kalangan termasuk ibu rumah tangga.

(Lihat Juga : Harga Emas Hari Ini )


Risiko Investasi Emas Logam Mulia


Ingat Moms, setiap Investasi pasti ada risikonya. Tapi tenang Moms dalam berinvestasi emas, Moms hanya akn mendapatkan risiko yang rendah karena pada saaa inflasi meningkat maka meningkat pula harga emas sehingga Moms tidak perlu khawatir akan risiko inflasi. Selain risiko inflasi, Moms pun tidak perlu mengkhawatirkan risiko harga emas yang fluktuatif akibat goncangan ekonomi. Walaupun risiko bisa dikatakan rendah tapi Mms juga harus waspada terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi, seperti misalnya..

  • Kehilangan, karena emas tidak dapat disimpan di sembarang tempat dan emas harus disimpan di tempat yang aman. Moms dapat mengatasi risiko ini dengan menyimpan emas di safe deposit box baik di dalam rumah atau menyewa tempat tersebut dari bank.
  • Penipuan, yang disebabkan kurangnya pengetahuan orang awam akan cara membedakan tingkat kemurnian emas, sehingga mereka mendapatkan emas palsu beserta sertifikat yang dipalsukan
  • Penurunan nilai akibat emas yang tidak terawat, emas dapat mengalami oksidasi dan memudar warnanya jika tidak dirawat dengan baik. Hal ini akan mengurangi nilai tukar emas
Jadi, Bagaimana Moms Tertarik Berinvestasi Emas? Sama dengan investasi lainnya Moms, harus mengerti dan paham tentang pasar emas saat ini. Moms juga harus berhati-hati agar kemungkina-kemungkinan akan risiko selama invesatsi tidak terjadi,


Semoga artikel saya bisa membantu Moms dalam berinvestasi..


Referensi : 

Komentar